Desa Krandon Siap Membangun Untuk Desa

Pemerintah Desa Krandon, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2020 di Aula Balai Desa, Jumat (30/8/2019).

Tampak hadir dari kanan adalah Siswanto Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Guntur, Kepala Desa Krandon dan Sutanto Pendamping Desa.

Disampaikan Siswanto bahwa, hasil akhir dari Musdes akan diserahkan kepada BPD hingga ditetapkan menjadi dua Peraturan Desa (Perdes) tentang RKPDes dan APBDes sebagai dasar hukum pelaksanaan pembangunan di Desa.

“Musdes adalah forum permusyawaratan untuk menyusun Rencana Strategis Desa yang dihadiri seluruh komponen di desa. Sedangkan hasilnya akan dijaga oleh BPD,” jelasnya.

Dikatakannya juga, melalui Musdes ini maka masyarakat dapat mengusulkan apa yang menjadi kebutuhannya seperti pembangunan infrastruktur umum serta bantuan-bantuan lainnya termasuk UKM.

Sementara disampaikan Kades, pihaknya sudah harus memulai kembali menyusun perencanaan tahun 2020, karena menurut regulasi Permendagri 114/2014, Pasalnya, pada bulan Juli-September, pemerintah desa sudah harus menyusun dan menetapkan Dokumen RKP dan paling lambat akhir Desember tahun berjalan, pihaknya sudah harus menetapkan APBDes 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *