Aksi Bersih-bersih World Cleanup Day (WCD) 2019 Digelar di Berbagai Titik di Kabupaten Demak

Demak – Aksi bersih-bersih World Cleanup Day (WCD) dilaksanakan setiap 21 September dan berlangsung di banyak negara.

Tahun lalu, pada 2018 sebanyak 13 juta orang dari 144 negara menjadi partisipan aksi global ini, termasuk dari negara Indonesia.

Di Indonesia, 3,3 juta orang menjadi partisipan dari 34 provinsi yang menggelarnya secara serentak.

Tahun 2019 aksi serupa kembali berlangsung, termasuk Kabupaten Demak. Akan dilakukan di berbagai wilayah diantaranya Beberapa Kantor Pemerintahan dan Kecamatan masing-masing khususnya di Kecamatan Guntur.

Camat Guntur, Ali Mahbub menjelaskan bahwa di Kecamatan Guntur tahun ini menjadi yang ketiga kali WCD digelar. Rencananya akan berlangsung di Beberapa titik di sekitar wilayah Kecamatan Guntur. Kegiatan ini juga mendapat banyak apresiasi termasuk beberapa warga yang ikut serta dengan sukarela beserta Aparatur Pemerintah disekitar Kecamatan Guntur. Selasa (17/9/2019).

Terkait target, Ali Mahbub menyebut tidak mau muluk-muluk. Pihaknya akan merangkul sebanyak-banyaknya relawan yang ingin berpartisipasi. Merupakan aksi moral dan butuh kesadaran dan bukan paksaan.

“Bersih itu adalah modal masa depan. Kita bergerak dan merangkul dengan modal kesadaran, itu yang terpenting,” tuturnya.

“Ada komunitas, ada perangkat desa, ada sekolah dan ada juga dari individu, baguslah responnya,” kata Mahbub.

“Masa depan dunia ke depan ada di tangan kita, nah mewariskan hal-hal baik adalah tugas kemanusiaan,” sambungnya.

Dia berharap aksi ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama warga lokal di wilayah Kecamatan Guntur. Kesadaran bersih dari sampah, menurutnya harus terus ditularkan terutama oleh Warga masyarakat diseluruh Wilayah Guntur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *